Susy Susanti Optimitis Bulutangkis Raih Target di Sea Games 2017

By Admin

nusakini.com--Susy Susanti, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia optimis bulutangkis bisa meraih target tiga emas di Sea Games Malaysia 2017. 

"Tiga emas adalah target realistis. Tapi, bisa saja bulutangkis meraih empat emas," ujar Susy usai jumpa media Astec Open di Makassar, Selasa (11/7/2017).

Menurut Susy, Indonesia berpeluang meraih emas pada nomor beregu putra, tunggal putra dan ganda putra. "Kami juga berharap banyak pada ganda putra dan beregu putri," jelas Susy.

Tapi, saat ini, sebagai Kabib Binpres pihaknya fokus dulu membawa pebulutangkis Indonesia lolos ke semifinal. "Dari situ kita bisa berhitung peluang mendapatkan emas," papar Susy.

Menurut Susy, untuk saat ini, peta kekuatan bulutangkis di Asia Tenggara terbilang merata. "Meraih prestasi itu butuh proses. Kami akui regenerasi pemain sebelum ini kurang berjalan mulus," kata Susy.

Sebagai Kabib Binpres, Susy berharap bulutangkis mendapat perhatian lebih dari pemerintah baik termasuk dukungan dana."Saya pikir permintaan ini sangat wajar bila dikaitkan bulutangkis sudah memberikan prestasi dan menharumkan nama Indonesia," katanya.

Dilain pihak, Susy mengakui ada generasi yang 'hilang' sehingga memengaruhi prestasi bulutangkis Indonesia di pentas internasional. Terutama di sektor putri. "Karena itu selaku Kabid Binpres, saya kembali menghidupkan kelompok pratama. Saya berharap regenerasi bisa berjalan dengan dengan cepat. Kami pun bisa mendapatkan bibit-bibit pemain yang potensial," tutur peraih emas Olimpiade Barcelona 1992 ini.

Saat ini, Susy mengungkapkan prestasi di sektor putri sudah menunjukkan perkembangan yang membaik. "Meski belum di level super series, kiprah mereka sudah terbilang lumayan dengan menembus semifinal Gold Series," tutur Susy. (b/ab)